Pengembangan Karir – Melamar Kerja Dengan Waktu Terbatas

Share Social

Pengembangan Karir – Melamar Kerja Dengan Waktu Terbatas

pengembangan karir melamar kerja dgn waktu terbatas

Pengasuh yang terhormat. Saya lulus kuliah setahun  yang lalu dari Fakultas Hukum dan sekarang bekerja di sebuah perusahaan swasta, di bagian Personalia. Di pekerjaan sekarang ini saya banyak berhubungan dengan berbagai instansi untuk urusan ketenagakerjaan. Belakangan saya rasakan pekerjaan ini  tidak cocok dan rasa-rasanya ingin pindah kerja. Terus terang saja, saya merasa kurang sesuai karena dalam beberapa kali saya harus melakukan sesuatu yang tidak saya sukai, seperti harus (maaf) memberikan under table money serta beberapa kejadian yang hampir serupa dengan itu.

Sementara dalam kondisi kerja ini saya inginnya juga melamar kerja ke tempat lain yang mungkin pekerjaannya lebih sesuai. Perlu Ibu ketahui saya mencari kerja tidak hanya di sekitar Surabaya, tetapi juga di beberapa daerah yang lain. Masalahnya pekerjaan saya ini sangat makan waktu, saya sering pulang sudah malam dan pagi-pagi sudah berangkat kerja. Saya kesulitan untuk mengetahui lowongan kerja di beberapa tempat lain dan mengirimkan surat lamarannya. Beberapa kali saya mendapat panggilan tes dan wawancara, tetapi beberapa kali juga setelah saya datangi kok ternyata saya juga merasa belum sreg. Terus terang saja dengan waktu yang terbatas, saya jadi merasa kehilangan banyak waktu. Saya tahu sih, semua usaha selalu ada perjuangannya. Dan itu adalah salah satu bentuk pengorbanan yang harus saya lakukan. Tapi mungkin Ibu ada saran bagaimana cara yang lebih efektif dalam melamar kerja? Terima kasih banyak atas masukannya.                                                                                     .M. Gufron, Sidoarjo

Jawaban:

Sdr. Gufron, memang tidak mudah mendapatkan pekerjaan yang bisa seratus persen cocok dan sesuai dengan keinginan kita. Memperhatikan kondisi kerja Anda yang terakhir, cobalah untuk memikirkan sekali lagi apakah benar bahwa tuntutan kerja tersebut membuat Anda jadi tidak merasa nyaman dan menimbulkan “tekanan” tersendiri. Jika memang demikian, sebelum pindah kerja saran pertama saya adalah pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan potensi Anda. Karena itu kembangkan wawasan dan pengetahuan Anda untuk menggali beberapa jenis profesi dan pekerjaan yang ada dalam dunia kerja. Pengetahuan ini akan sangat berguna bagi Anda sebagai bekal ketika melamar satu pekerjaan.

Karena itu juga ketika nantinya Anda pindah kerja, pertimbangkan beberapa aspek yang terkait dengan pekerjaan tersebut, termasuk juga tuntutan pekerjaan dan lingkungan kerjanya. Bekerja akan menjadi ringan dan menyenangkan ketika perasaan kita bekerja aktif.  Ditambah dengan bekal pengalaman kerja Anda sebelumnya, saya harap Anda akan dapat memilih pekerjan yang lebih baik dari yang sekarang.

Selanjutnya, terkait dengan keterbatasan waktu Anda untuk melamar pekerjaan.  Sebenarnya ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih. Jika kebanyakan iklan lowongan adalah untuk informasi pencarian tenaga kerja. Belakangan juga makin banyak media massa yang menerbitkan iklan lowongan diri si pencari kerja (employee). Tentunya dengan mempertimbangkan segi kerahasiaan bagi si pemasang iklan, dalam iklan tersebut Anda bisa mencantumkan beberapa kualifikasi yang sifatnya spesifik dan dapat menunjukkan kompetensi yang Anda miliki. Beberapa hal terkait dengan preferensi bidang kerja yang diinginkan juga bisa dicantumkan dalam iklan tersebut. Dengan demikian si pelamar lebih bersifat pasif, karena perusahaan (employer) yang akan mencari Anda. Anda akan mendapatkan panggilan untuk proses seleksi lebih lanjut jika data Anda dianggap dapat memenuhi satu kebutuhan jabatan yang dicari oleh perusahaan.

Alternatif yang lain, Anda bisa menggunakan jasa lembaga rekrutmen online. Beberapa fasilitas yang disediakan memang dirancang sedemikian rupa untuk  menarik dan memudahkan para pencari kerja yang sibuk sekalipun. Anda hanya perlu membuat Curriculum Vitae yang menarik dan dapat menjadi representasi diri Anda. Beberapa situs tidak mensyaratkan menjadi anggota, siapa pun boleh masuk untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang ada.. Beberapa lagi mensyaratkan menjadi anggota agar dapat bergabung. Selanjutnya pelamar hanya perlu mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan resume. Dunia makin tidak mengenal batas, melalui internet Anda bisa mendapatkan info lowongan kerja dari berbagai tempat, bahkan di luar negeri hanya dengan duduk di depan komputer dan dalam waktu singkat.

Rekrutmen online ini biasanya juga menyediakan fasilitas interaktif, dimana baik perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja maupun si pencari kerja bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhannya.  Jadi misalnya Anda seorang yang mempunyai kualifikasi : pria, 27 tahun, pengalaman bekerja di bidang Personalia, mampu berbahasa Inggris dan terbiasa menggunakan Microsoft Office, serta berminat mencari kerja di bidang Humas, maka dari posting tersebut Anda akan mendapatkan email atau pemberitahuan beberapa informasi lowongan kerja yang kurang lebih memenuhi kualifikasi yang Anda miliki di atas. Dengan demikian secara pasif pun Anda tetap bisa mengupdate info pekerjaan yang Anda cari.

Yang sebaliknya juga dari sisi perusahaan, satu lowongan kerja  jabatan dengan kualifikasi tertentu akan secara otomatis mendapatkan data/resume dari berbagai pelamar yang memenuhi persyaratan di atas.  Jadi data Anda bisa masuk ke berbagai perusahaan yang mencari karyawan mendekati kualifikasi yang Anda miliki. Selanjutnya perusahaan cukup mengolah data yang masuk dan sudah setengah tersaring tersebut. Sehingga pekerjaan menyortir jadi sedikit mudah  dan ringan. Jika data Anda dianggap sebagai salah satu calon yang potensial, biasanya baru perusahaan  akan mencetaknya untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Baiklah, Gufron… Anda bisa mencoba kedua alternatif di atas, yang masih  memungkinkan untuk mendapatkan informasi peluang kerja yang lebih baik. Saya ikut berharap semoga Anda bisa segera mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan sesuai.(*)