Pengembangan Karir – Memahami Grafologi

Pengembangan Karir – Memahami Grafologi

Share Social
pengembangan karir -graphology

pengembangan karir – graphology

Pengasuh yang terhormat, Saya bekerja di sebuah Bank Perkreditan di kota saya. Dalam pekerjaan sehari-hari saya menangani urusan operasional internal kantor. Sebagaimana yang Ibu ketahui, di kebanyakan BPR pembagian pekerjaan tidaklah sekompleks seperti perusahaan besar atau Bank Nasional. Selain itu saya juga menangani masalah kepegawaian. Saya sendiri menikmati pekerjaan saya dan saya punya minat yang sangat besar untuk mempelajari manusia, meskipun background pendidikan saya bukan dari Psikologi.

Kebetulan juga manejemen perusahaan tempat kerja saya sangat perhatian juga dengan urusan demikian. Beberapa training berkaitan dengan manajemen SDM, issue-isue baru dan sebangsanya jika merupakan hal baru, maka dari kami selalu ada yang dikirimkan. Karena itu Bu, meskipun gaji saya tidak terlalu besar tapi saya menikmati bekerja disini dan sampai sekarang masih krasan.

Yang saya mau tanyakan, saya pernah mendengar tentang analisa tulisan tangan atau yang disebut grafologi. Mohon bantuan untuk bisa dijelaskan apakah itu dan bagaimana cara analisanya. Lalu apakah juga hasilnya dapat dipercaya, karena menurut saya kok sangat subyektif. Bagaimana penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari, atau mungkin hanya untuk tujuan khusus? Terima kasih banyak atas perhatiannya.  Cipto, Mojokerto

Jawaban:

Sdr. Cipto, saya sangat menghargai seorang yang antusias dan punya keinginan besar mempelajari hal baru. Tidak banyak orang yang berminat mempelajari grafologi karena dianggap agak rumit dan memang butuh “jam terbang” yang banyak agar dapat melakukannya dengan baik. Namun perkembangan tehnologi akhir-akhir ini membuat grafologi menjadi makin mudah dipelajari karena sudah ada alat bantu dalam bentuk software.

 Grafologi adalah salah satu penilaian seseorang melalui tulisan tangan. Para ahli psikologi mendapati bahwa goresan tangan seseorang (yang dapat terwujud melalui tulisan maupun gambar) adalah merupakan ungkapan dorongan, motif bawah sadar selain sikap dan kemampuan seseorang.

Orang mungkin tidak pernah menyadari bahwa tulisan tangan manusia adalah unik, seunik sidik jari. Kita semua memang mendapatkan ajaran menulis yang sama sewaktu di sekolah. Namun seiring dengan waktu  dan usia, tulisan akan berubah. Yang membuat seseorang melakukan perubahan adalah sifat-sifat tertentu dari kepribadian itu sendiri. Para ahli mendapati bahwa gerakan-gerakan dalam menulis dapat mengungkapkan pikiran, sama seperti gerakan-gerakan tubuh yang lainnya. Misalnya gerak tubuh saat berdiri atau duduk. Kita juga dapat mengenali orang yang berbeda melalui sikap dan gerakan tubuhnya, sama seperti kita dapat membedakan orang-orang melalui tulisannya.

Penemu grafologi adalah Pendeta Perancis Abbe Jean Hyppolyte Michon. Ia mengumpulkan contoh-contoh tulisan tangan dari ratusan orang yang dikenal baik dan membandingkannya dengan karakter mereka.  Buku pertama tentang grafologi terbit pada 1872, berjudul  Les Mysteres de l’Ecriture (Misteri tangan).

Apakah hasil evaluasi grafologi akurat ?  Pertengahan abad XVII, Camilo Baldi pertama kali mempelajari hubungan antara kepribadian dan tulisan tangan. Tulisan tangan ditelaah secara ilmiah /metodologis  sehingga dapat dikatakan obyektif, cepat dan akurat. Di Perancis, Belanda dan beberapa negara Eropa dan di Amerika, Grafologi digunakan untuk memilih tenaga kerja untuk jabatan-jabatan penting. Telaah tulisan tangan secara ilmiah didasarkan pada pengamatan dan pengukuran dan evaluasi yang obyektif dari hasilnya. Mereka memperhatikan jarak antara kata, variasi dalam bentuk huruf, pergerakan, cara menyambung huruf, kemiringan dan tekanan. Selanjutnya menelaah bagian-bagian yang menjadi ciri yang khas pada tiap tulisan tangan dan menilainya dalam keseluruhan gambaran seseorang.

  Apa manfaat grafologi ? Grafologi dapat digunakan untuk mengetahui  aspek intelektual seseorang seperti kemampuan analitis, kreatifitas, sistematika, imajinasi, kecerdikan. Aspek efektifitas pribadi seperti kontrol diri, inisiatif, kemandirian, ketekunan, integritas, ambisi, sikap bersaing, kepercayaan diri,, antusiasme, energi/daya hidup. Demikian juga aspek kemampuan sosial seperti empati, kemampuan menyesuaikan diri, kepedulian terhadap orang lain, kepekaan social, sikap berteman, fleksibilitas. Adapun aspek manajerial seperti kemampuan mengambil keputusan, kepemimpinan, kemampuan memotivasi orang, kemampuan membujuk orang lain. Juga beberapa hal kecenderungan seperti ambisi materialistik, sifat agresif, licik/jahat, sifat diktator, kecenderungan depresi dan ketidakjujuran.

Dengan mendapatkan gambaran yang demikian, seseorang bisa mengetahui diri sendiri dan juga memahami orang lain atau pasangan dengan lebih baik. Selain itu bisa juga digunakan untuk menilai kecocokan seseorang untuk jenis pekerjaan tertentu  jika dilengkapi dengan wawancara berstruktur.

Dari tulisan tangan Margaret Thatcher, dapat dianalisa bahwa penulisnya adalah seorang yang dinamis, berorietasi pada hasil dan melanjutkan pekerjaan dengan energi tetap sampai selesai. Ia juga seorang yang tidak mudah panik saat kritis, berfokus pada tujuan, dapat memutuskan dan mengambil tindakan. Ia nampak sebagai seorang wanita mandiri yang punya pandangan jelas ke arah mana tujuan langkahnya. Ia juga seorang yang mampu menangani berbagai jenis pekerjaan yang berbeda dan seringkali dapat segera berkonsentrasi dengan berbagai pilihan tindakan.

Bahkan grafologi dapat juga mendeteksi apakah seseorang  kecanduan alkohol atau tidak. Gerakan menulis berasal dari otak, dan alkhohol atau obat berpengaruh secara bertahap. Pertama- tama menimbulkan efek memberi rangsangan, tetapi selanjutnya menyerap energi merusak kekuatan dan kondisi tubuh. Penggunaan  beberapa jenis obat dan alcohol yang terus-menerus menimbulkan reaksi bergairah seketika tetapi efek lanjutan yang menetap. Tulisan tangan yang merupakan ungkapan dari gabungan gerakan tubuh, akan bisa menangkap adanya kemunduran konsentrasi, keutuhan pikiran dan kontrol.

Nah, semoga penjelasan diatas, bisa menjawab pertanyaan Anda. Anda bisa juga mendapatkan informasi tentang grafologi dari internet atau dari beberapa buku psikologi. Salam …..